Dongeng Fabel Kuda, Kancil dan Gajah

Cerita Dongeng Indonesia adalah Portal Edukasi yang memuat artikel tentang Cerita Dongeng Fabel Kuda, Kancil dan Gajah, Semut dan Cicak...

Dongeng Fabel Serigala dan Domba

Cerita Dongeng Indonesia adalah Portal Edukasi yang memuat artikel tentang Cerita Dongeng Fabel Serigala dan Domba, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia dan Cerita Lucu.
Cerita Dongeng Indonesia adalah Portal Edukasi yang memuat artikel tentang Cerita Dongeng Fabel Serigala dan Domba, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia dan Cerita Lucu.

Disebuah hutan hiduplah seekor serigala liar yang sedang kelaparan. Sudah beberapa hari ini dia tidak menemukan mangsa untuk dimakan. Hari itu dia berencana untuk mencari makanan di pinggiran hutan tersebut, karena dia tahu kalau di pinggiran hutan itu sering ada penggembala yang menggembalakan dombanya. Dan benar saja, dari kejauhan serigala melihat kawanan domba yang sedang asyik merumput. Namun langkah serigala terhenti ketika dilihatnya Pak Gembala duduk di dekat domba-domba tersebut. "Wah, kalau begini mana mungkin aku bisa memakan salah satu diantara domba-domba itu". Pikirnya.

Baca Cerita Dongeng Ini Selengkapnya :
Namun serigala memang banyak akalnya, tentu saja akal bulus dan akal licik. Hingga suatu malam, ia berhasil memangsa seekor domba milik Pak gembala. Ia tidak langsung memakannya melainkan dibawanya pulang ke hutan dan menguliti domba tersebut."Hahahaha... dengan kulit domba berbulu ini, saya pasti akan dengan mudah memangsa domba" Katanya bangga sambil memegang kulit domba yang sudah dia modifikasi menyerupai sebuah kostum hewan. Hari berikutnya, dengan memakai kulit dan bulu domba, sang Serigala menyusup masuk ke kawanan domba dan dengan mudahnya dia bisa memangsa anak domba. Hal tersebut makin membuat serigala makin bangga dengan kostum buatanya itu.

Pagi itu Serigala mencoba keampuhan kostum dombanya, ia memberanikan diri membaur dengan kawanan domba yang sedang merumput di pinggiran hutan. Penggembala yang sudah tau gerak gerik serigala diam saja dan pura-pura tidak melihatnya. Sepertinya penggembala mempunyai rencana untuk serigala itu. Pak gembala memang sudah kesal dengan kelakuan serigala yang telah memangsa dombanya akhir-akhir ini. Merasa tipu muslihatnya manjur, Serigala makin yakin dan berani. Tanpa sepengetahuan pak gembala, Pada malam harinya sang Serigala juga ikut bersama kawanan domba untuk masuk ke dalam kandang, tepat tengah malam dia memangsa anak domba lagi dan membawanya ke hutan. Pagi harinya, mengetahui anak domba peliharaanya tidak ada, pak gembala makin kesal dengan serigala. Maka dia punya rencana untuk menjebak serigala tersebut.

Hari itu Pak Gembala sudah siap menggiring domba-domba ke hutan untuk merumput, tak lama mereka pun sampai di pinggiran hutan. Serigala yang sudah dari tadi menunggu mereka akhirnya mengendap-endap membaur dengan kawanan domba. Pak Gembala tau kalau serigala sudah datang dan ada diantara mereka. Setelah para domba puas merumput, pak gembala pun menggiring mereka untuk pulang. Serigala pun ikut dalam rombongan itu, Sebelum masuk kandang satu persatu domba di cukur karena bulunya akan di jual oleh Pak Gembala. Mengetahui hal tersebut, Serigala mulai panik. Namun sudah kepalang basah, maka dia pun menurut saja ketika mendapat giliran di cukur. Pak Gembala yang sudah tau kalau itu adalah serigala lalu mengikat keempat kaki serigala dan melepaskan kulit domba yang dikenakanya. Kini terlihatlah Serigala seperti aslinya dan tanpa ampun dicukur habis oleh pak gembala hingga gundul. serigala kini tampak lucu dan semua Domba menertawakannya. Merasa di permalukan akhirnya serigala berontak dan berhasil membuat ukatan di kakinya lepas. Dia berlari kencang menuju hutan untuk menyelamatkan diri. Dia terus berlari seolah dikejar sesuatu. Naas, dia terjatuh ke jurang dan serigala pun akhirnya mati tanpa ada yang menolongnya. Perbuatan buruknya tekah menuai balasan dari yang Kuasa.

Pesan Moral Cerita Dongeng Fabel Serigala dan Domba adalah : Orang yang berbuat jahat pasti akan ketahuan dan menerima hukuman yang setimpal. Selalu berbuat baiklah terhadap sesama dan jauhi sifat licik dan kepura-puraan.
Cerita Dongeng Indonesia memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan cerita dan dongeng, meliputi unsur Intrinsik yaitu meliputi Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita.