Dongeng Fabel Kuda, Kancil dan Gajah

Cerita Dongeng Indonesia adalah Portal Edukasi yang memuat artikel tentang Cerita Dongeng Fabel Kuda, Kancil dan Gajah, Semut dan Cicak...

Pak Tani Yang Baik Hati

Cerita Dongeng Indonesia adalah Portal Edukasi yang memuat artikel tentang Dongeng Semut dan Belalang yang Malas, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.
Cerita Dongeng Indonesia adalah Portal Edukasi yang memuat artikel tentang Dongeng Pak Tani Yang Baik Hati, Dongeng Anak Indonesia, Dongeng Bahasa Sunda, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Di suatu desa terpencil di tepian belantara, hiduplah seorang petani yang sudah renta. Petani ini hidup seorang diri dan sangat miskin, pakaiannya penuh dengan tambalan dan rumahnya terbuat dari gubuk kayu. Musim dingin sudah tiba, Pak Petani tidak punya makanan , juga tidak mempunyai kayu bakar untuk menghangatkan diri, jadi hari ini Pak Petani hendak pergi ke pasar untuk mencari pekerjaan. Ketika keluar dari rumah, dilihatnya ada sebutir telur tergeletak diatas tanah.

Dengan hati-hati dipungutnya telur tersebut dan dibawanya ke dalam rumah. Pak Petani menyelimuti telur itu dengan kain lusuh dan meletakkannya di dalam kardus agar tetap hangat. Setelah itu dia pergi ke pasar untuk bekerja. Pak Petani membuat telur itu menjadi hangat setiap hari sampai telur itu menetas. Ternyata telur itu adalah telur Burung Nuri, mungkin induknya menjatuhkannya ketika hendak pindah ke tempat yang lebih hangat. Pak Petani merawat Burung Nuri kecil itu dengan penuh kasih sayang. Dia selalu membagi setiap makanan yang diperolehnya dari bekerja di pasar. Ketika harus meninggalkan Burung Nuri itu sendirian, Pak Petani akan meletakkannya di dalam kardus dan menyalakan perapian agar Burung Nuri tetap hangat.

Hari-hari berlalu, Burung Nuri kecil tumbuh semakin besar. Pak Petani sadar, Burung Nuri ini tidak selamanya akan tinggal bersama dirinya. Dengan berlinang air mata, Pak Petani melepaskan Burung Nuri itu di tengah hutan dan mencari tempat yang selalu terkena matahari agar burung Nuri selalu merasa hangat.

Suatu hari, Pak Petani terbaring sakit karena kedinginan, dia tidak punya uang untuk membeli obat, kayu bakar dan makanan. Toktok..tok., terdengar suara dari pintu rumah Pak Petani. Ternyata Burung Nuri itu kembali, diparuhnya terdapat benih tanaman.

Pak Petani heran Burung Nuri itu masih mengingatnya, dibiarkannya Burung Nuri itu masuk dan memberinya minum. Sambil memandang benih yang dibawa oleh burung Nuri, Pak Petani bertanya-tanya benih apakah ini ? dapatkah aku menanamnya di tengah musim dingin ini ? tanyanya dalam hati. Burung Nuri keluar dari rumah Pak Petani, membuat lubang di halaman rumah Pak Petani lalu menanam benih itu . Ketika hari menjelang senja Burung Nuri itu pergi meninggalkan Pak Petani. Esok harinya, keajaiban terjadi, benih yang ditanam Burung Nuri tumbuh menjadi Pohon lengkap dengan buahnya hanya dalam sehari !!!! Pak Petani sangat terkejut melihatnya.

Karena lapar, Pak Petani memakan buah pohon itu. Ajaib, tubuhnya menjadi kuat dan dia tidak merasa sakit. Karena Keajaibannya, Pak Petani menamakan Pohon itu Pohon Ajaib, karena buahnya dapat membuat Pak Petani menjadi sehat kembali dalam seketika.

Pak Petani merawat pohon itu dengan baik. Meskipun musim dingin, pohon itu terus berbuah dan tidak menjadi kering. Pak Petani menjual buah itu dan mendapatkan banyak uang, dia bisa membeli sepasang kerbau dan bisa menggarap sepetak sawah dari hasil menjual hasil pohon buah Ajaib pemberian Burung Nuri. Sekarang Pak Petani tidak lagi kedinginan dan kelaparan. Meskipun demikian , Pak Petani tetap murah hati, dia ingat bahwa apa yang diterimanya sekarang adalah buah dari ketulusannya menolong sesama makhluk hidup.

Hikmah dan Pesan Moral Dongeng : Ketika kita melakukan sesuatu dengan tulus ikhlas dan sabar, kita pasti akan mendapat balasan yang indah melalui jalan yang tidak pernah kita sangka-sangka.

Dongeng Bahasa Sunda
Di hiji desa terpencil di sisi belantara, hirup saurang patani anu parantos renta. Patani ieu jumeneng saurang salira sarta miskin pisan,anggoan na caos kalawan tambalan sarta imahna dijieun ti saung kai. Usum tiis parantos anjog,Pak Patani henteu kagungan leeutan ,oge henteu ngagaduhan kai huru kanggo ngahaneutkeun salira,janten poe ieu Pak Patani bade angkat ka pasar kanggo pilari pagawean. Sabot kajabi ti bumi,ditingali na aya sebutir endog di luhur taneuh.

Kalawan anca di candak na endog kasebat sarta di candak na ka lebet bumi. Pak Patani selimuti endog eta kalawan lawon leuseuh sarta nyimpen na di jero kardus supados angger haneut. Sanggeus eta anjeunna angkat ka pasar kanggo didamel. Pak Patani midamel endog eta barobah kaayaan haneut saban dinten dugi endog eta megar. Tetela endog eta teh endog Manuk Nuri,manawi babon na ngalabuhkeun na sabot bade ngalih ka tempat anu langkung haneut. Pak Patani merawat Manuk Nuri alit eta kalawan caos nyaah. Anjeunna sok ngabagi saban leeutan anu ditampa na ti didamel di pasar. Sabot kedah ninggalkeun Manuk Nuri eta sorangan,Pak Patani bade nyimpen na di jero kardus sarta ngahurungkeun perapian supados Manuk Nuri angger haneut.

Dinten-dinten langkung,Manuk Nuri parantos mimiti sawawa. Pak Patani sadar,Manuk Nuri ieu henteu salamina bade kantun sareng dirina. Kalawan berlinang cipanon,Pak Patani ngalaan Manuk Nuri eta di keur leuweung sarta pilari tempat anu sok kakeunaan sarangenge supados manuk Nuri sok rumaos haneut.

Hiji dinten,Pak Patani nangkarak teu damang margi katiisan,anjeunna henteu kagungan artos kanggo ngagaleuh landong,kai huru sarta leeutan. Toktok..tok.,kadenge soanten ti panto bumi Pak Patani. Tetela Manuk Nuri eta balik,di pamatuk na aya binih pepelakan.

Pak Patani hemeng Manuk Nuri eta emut keneh,diingkeun na Manuk Nuri eta lebet sarta masihan na ngaleueut. Pak Petani melong binih anu di candak ku manuk Nuri,Pak Patani naros-pariksa binih naon ieu ? naon iasa kuring melak na di keur usum tiis ieu ? pariksa na dina manah. Manuk Nuri kajabi ti bumi Pak Patani,midamel lombang ti payun bumi Pak Patani kaliwat melak binih eta . Sabot dinten nyanghareupan senja Manuk Nuri eta angkat ninggalkeun Pak Patani. Enjing poena,kaanehan lumangsung,binih anu di pelak Manuk Nuri tumuwuh barobah kaayaan Tangkal pepek kalawan buahna ngan dina sapoe !!!! Pak Patani kaget pisan ningali na.

Margi palay tuang,Pak Patani ngaleeut buah tangkal eta. Ajaib,salira na barobah kaayaan kiat sarta anjeunna henteu rumaos teu damang. Margi Kaanehan na,Pak Patani mejenengankeun Tangkal eta Tangkal Ajaib,margi buahna iasa midamel Pak Patani barobah kaayaan damang balik dina seketika.

Pak Patani merawat tangkal eta kalawan sae. Sanaos usum tiis,tangkal eta teras keur buahan sarta henteu barobah kaayaan tuus. Pak Patani ngical buah eta sarta meunangkeun seueur artos,anjeunna iasa ngagaleuh sapasang munding sarta iasa nyambut sepetak serang ti kenging ngical kenging tangkal buah Ajaib pamasihan Manuk Nuri. Ayeuna Pak Patani henteu deui katiisan sarta kalaparan. Sanaos kitu ,Pak Patani angger mirah manah,anjeunna emut yen naon anu ditarima na ayeuna nyaeta buah ti ketulusannya nulungan sasama makhluk jumeneng.

Hikmah sarta Talatah Moral Dongeng : Sabot urang ngalakukeun hiji hal kalawan cios cios sarta sabar,urang tangtos bade mendapat balesan anu endah ngaliwatan jalan anu henteu kantos urang kinten-kinten.

Cerita Dongeng Indonesia memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan cerita dan dongeng, meliputi unsur Intrinsik Cerita Dongeng yaitu meliputi Tema Cerita Dongeng, Amanat/Pesan Moral Cerita Dongeng, Alur Cerita/Plot Cerita Dongeng, Perwatakan/Penokohan Cerita Dongeng, Latar/Setting Cerita Dongeng, serta Sudut pandang Cerita Dongeng. dan kadang disertai  unsur Ekstrinsik Cerita atau Dongeng.