Dongeng Fabel Kuda, Kancil dan Gajah

Cerita Dongeng Indonesia adalah Portal Edukasi yang memuat artikel tentang Cerita Dongeng Fabel Kuda, Kancil dan Gajah, Semut dan Cicak...

Rusa Yang Sombong

Cerita Dongeng Indonesia adalah Portal Edukasi yang memuat artikel tentang Cerita Dongeng Si Kancil Mencuri Timun atau Mentimun, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Zaman dahulu kala, di sebuah belantara hiduplah seekor rusa. Siang itu cuaca sangat panas, maka si Rusa memutuskan untuk mencari sungai untuk mendinginkan badan sekaligus mandi. Tak beberapa lama sampailah ia di sebuah sungai yang sangat jernih dan dingin airnya. tanpa pikir panjang dia langsung menceburkan diri ke dalam sungai itu. Selain dirinya, di sungai itu rupanya  ada si Kambing dan si Kerbau yang tampaknya sudah lama berada disitu, mereka juga sedang mandi dan minum. Mengetahui ada Si Kambing dan Si kerbau, Si Rusa pun beranjak ke pinggiran sungai, di pinggiran sungai ia mulai menggosokkan tanduknya di batu sambil sesekali memamerkannya pada Kerbau dan Kambing. Tanduknya nampak berkilauan keemasan diterpa cahaya matahari.

Ternyata Si rusa itu sangat sombong, ia sengaja memamerkan tanduk emasnya. "Mentang –mentang punya tanduk emas". kata si kambing dan si kerbau. "Iya ini kan tanduk emasku yang sangat kuat dan besar, dan hanya aku yang memiliki tanduk seperti ini" kata Rusa dengan sombongnya. Namun kerbau dan hanya menatap Rusa dengan heran. Rusapun meneruskan mandi di sungai yang airnya sangat segar dan jernih itu. Selesai mandi di sungai si Rusa bertemu dengan seekor burung Gagak "Hai Rusa... Tanduk emasmu bagus sekali". Kata burung Gagak . "Ohhh Sudah pasti …tanduk emasku kan paling kuat dan besar". Ucap Rusa dengan congkaknya.

Rusa itu melanjutkan perjalanannya, saking asyiknya ia tidak melihat di depannya ada sarang lebah yang menggantung tepat di jalur yang hendak dilewatinya. Tak ayal tanduknya yang berwarna emas menyentuh sarang lebah itu dan kontan saja para kawanan Lebah kaget dan berhamburan keluar sarangnya seraya mengejar si Rusa.. Melihat para Lebah yang marah, rusa lari tunggang langgang dan berteriak meminta tolong. "Tolong……… toloooong………Toloooong" teriak si Rusa. Namun tak satupun hewan di sekitarnya yang mau menolongnya. saking paniknya, Si Rusa jatuh terjerembab di kubangan yang biasa untuk mandi lumpur si Kerbau, Para Lebah pun menyengat tubuh si rusa tanpa ampun. Dengan Tubuh penuh benjolan bekas sengatan, Ia beranjak bangkit dari kubangan si kerbau. Disitu sudah berdiri si Kerbau dan si Kambing yang cengengesan, heran dengan bentuk tubuh si Rusa yang penuh benjolan. "Wahh....wahh.... rupanya selain Tanduk emas, kamu juga punya kelebihan lain ya Rusa???, kini tubuhmu unik dengan banyak benjolan kayak gitu, dan saya yakin.... hanya kamu yang punya tubuh unik dengan benjolan macam itu" Ledek si kambing dan kerbau. si rusa hanya diam saja sambil melengos pergi tanpa kata.

Pesan Moral Cerita Dongeng Fabel Rusa Yang Sombong adalah : Janganlah suka menyombongkon diri dengan apa yang kita miliki. Dengan sifat sombong kita tidak akan mempunyai banyak teman, jika kita tidak punya banyak teman maka ketika kita sedang ada kesulitan maka . Jadilah orang yang baik hati dan menghargai sesama.

Cerita Dongeng Indonesia memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan cerita dan dongeng, meliputi unsur Intrinsik yaitu meliputi Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita.